x

It’s a Boy—2nd Trimester Story & Checklist


Memasuki trimester kedua, hal pertama yang ingin aku lakukan adalah announcement! Akhirnya setelah melewati empat bulan terakhir diam-diam. Kalau kata orang tua, ketika sudah masuk usia kehamilan empat bulan kondisi janin sudah lebih aman dari resiko keguguran, dll.

Hal selanjutnya yang menyenangkan adalah kembalinya nafsu makan seperti biasanya. Perlahan juga tubuh yang biasanya lemas sudah bisa diajak aktif kembali melakukan rutinitas, juga happy sekali akhirnya bisa traveling lagi dan kali ini dalam rangka babymoon. Yeaaay! (Tulisan tentang babymoon aku share di link ini ya).

Di trimester ini ukuran perutku tetep belum keliatan, badan juga terasa masih ringan jadi bisa dibilang ini adalah saat-saat aku sedang aktif-aktifnya berkegiatan di luar rumah. Seneng banget rasanya bisa kembali produktif saat hamil, biar baby yang di perut ikutan aktif dan happy juga.

Anyway, di minggu ke-18 kebetulan pas lagi ke dokter dan udah bisa intip gendernya, insyaAllah it’s a boy! Mulai merasakan tendangan kecil di minggu ke-20 ahh so lovely dan setiap hari selalu yang ditunggu-tunggu adalah tendangan-tendangan kecil ini. Sungguh bersyukur bisa menjalani pengalaman hamil.

Walau trimester ini terasa berjalan lebih cepat karena banyak hal menyenangkan, nggak dipungkiri rasa insecure tetep selalu ada setiap hari apalagi kalau tendangannya nggak muncul-muncul. Aku berusaha tetap waspada dan menjaga kehamilan sebaik-baiknya supaya sehat dan berjalan lancar. Mohon doanya juga yaa..

Sambil menikmati kehamilan yang santai, tetep dong prepare untuk selanjutnya rencana kedepan. Berikut ini aku share lagi ya checklist versiku seputar hal-hal yang bisa dilakukan di trimester kedua:

  • Gender reveal. Ini sebetulnya opsional sih. Ada yang nggak pengen tau dulu sampe lahir biar surprise. Ada juga yang pengen segera tau supaya persiapan perlengkapan bayi bisa lebih sesuai.
  • Babymoon. Ini juga nggak harus sih sebenernya, tergantung prioritas masing-masing. Kalau memang ada waktu dan budget untuk ini nggak ada salahnya hehe. Mengingat ibu hamil itu harus stay happy supaya ibu dan bayi bisa terus sehat, babymoon termasuk penting buat aku yang hobi traveling.
  • USG 3D atau 4D. kalau sebelumnya USG 2D, sekarang udah bisa 3D / 4D buat ngintip wajah si kecil lho. Kalau di RSIA biasanya jauh lebih tinggi harganya, aku sempet dapet info dari temen-temen kalau ada USG 4D yang terjangkau di klinik kehamilan sehat. Memang durasi nggak lama dan nggak mendetail seperti di RS tapi sudah cukup untuk intip wajah si kecil kok.
  • Ikut senam hamil / yoga. Kebetulan ada kelas senam hamil di RSIA ku jadi aku lebih rutin senam hamil daripada yoga (karena nggak nemu kelas yang khusus prenatal yoga di Surabaya).
  • Buat baby essential list. Buat aku prepare itu segalanya, begitupun juga untuk beli barang-barang bayi. Aku melalui cukup banyak research dan mikirin mateng-mateng mana yang kebutuhan, mana yang bukan. Jaman sekarang adaaa aja deh barang-barang bayi yang makin aneh-aneh dan makin banyak opsi yang bikin kita suka nggak sadar bedanya kebutuhan sama ikut-ikutan hehehe. Males aja beli impulsif terus ternyata cuma numpuk aja di rumah. Lebih detailnya tentang ini rencananya mau aku share juga di postingan selanjutnya yaa.
  • Ikut kelas menyusui. Sebagian besar temen cerita berbagai permasalahan menyusui justru lebih bikin stress daripada masa hamil. Insecure lagi deh aku. Akhirnya cari-cari kelas tentang ini supaya punya persiapan kalau nanti masalah melanda.
  • Prenatal massage. Aku orangnya doyan banget massage dan lumayan stress pas di TM 1 belum boleh massage padahal badan udah lemes semua. Akhirnya pelampiasan di TM ini nyari tempat massage deh yang khusus untuk ibu hamil. Ternyata susah juga ya, masih jarang banget di Surabaya.
  • Mulai pakai stretchmark lotion / cream / oil. Supaya badan bisa tetep kece pasca melahirkan, aku mulai pakai sejak hamil 5 bulan. Berhubung nggak cocok pake oil, aku pilih lotion dan cream untuk mencegah stretchmark ini.
  • Foto-foto progres babybumps. Buat lihat progres membesarnya perut di setiap minggunya. Simple thing that makes me happy, to see him grow inside my belly.

Kalau disimpulkan, trimester ini penuh dengan hal-hal menyenangkan yang pasti akan segera kurindukan. Anyway, semua informasi di atas tetep konsultasikan dengan dokter masing-masing terlebih dahulu ya, apalagi yang berhubungan dengan fisik.

Untuk memudahkan aku juga buat versi checklist nya juga. Feel free to download for freeHope that helps untuk para calon ibu, mudah-mudahan lancar dan sehat semuanya sampai persalinan! 🙂

Published March 3, 2020

Related
Something is wrong.
Instagram token error.
Load More
>