x

Staycation – Plataran Bromo


Pengalaman ke Bromo sebelumnya, seringkali saya bersama teman/keluarga memilih untuk menginap di rumah warga yang disewakan sebagai penginapan. Salah satu alasannya karena kami jarang menemukan hotel yang sesuai dan available. Entah kenapa, kawasan Bromo yang sudah menarik perhatian wisatawan mancanegara sejak dahulu ini sepertinya masih kurang diperhatikan oleh jaringan hotel di Indonesia.

Kehadiran Plataran Bromo sebagai resort pertama di kawasan Bromo ini menarik perhatian saya sejak awal. Berawal dari beberapa review yang saya lihat sekilas, terutama dari segi desain dan suasana yang dibangun dengan baik tentu membuat saya penasaran ingin melihat dan merasakan langsung. Weekend lalu saya dan partner akhirnya meluangkan waktu untuk menikmati sekali lagi keindahan alam kawasan Bromo dengan menginap di Plataran.

Suasana private sangat terasa sejak pertama kali memasuki area Plataran, kami langsung ditanya keperluan dan nama yang kemudian dicocokkan dengan daftar tamu mereka. Kami pun menyimpulkan bahwa area ini memang hanya bisa dimasuki tamu yang terdaftar atau menginap saja. Benar saja, kami yang kedinginan langsung disambut dengan secangkir jahe hangat dan homemade cookies yang katanya dibuat langsung oleh chef disana. Impressive. Begitu sampai di kamar pun kami disambut dengan suguhan buah-buahan dengan kartu ucapan selamat datang, how thoughtful. Suasana sangat sunyi tenang dan pemandangan yang kerap kali membuat kami berdecak kagum, semakin membuat kami betah berkeliling dan menikmati suasana Plataran dari berbagai sisi.

Awal rencana explore kawasan Bromo seketika berubah menjadi staycation dan explore Plataran saja, karena ternyata banyak hal bisa dilakukan disini dan sifatnya complimentary, seperti:

  • menikmati afternoon tea setiap pukul 16.00 – 17.00
  • morning walk dan/atau cycling setiap pagi (by request)
  • pergi ke taman rumah kaca Jivadevi Nursery
  • tersedia juga children playground yang cukup luas

Selain itu, ada beberapa fasilitas berbayar seperti tour bromo termasuk sewa jeep, spa dengan view pegunungan, horse riding, piknik di savana, wine and dine. Semua fasilitas berbayar ini bisa langsung dipesan di hotel lho, jadi terima beres dan siapkan badan saja.

Terakhir, dari segi harga Plataran Bromo memang cenderung tinggi, namun menurut kami sangat worth it untuk dicoba bagi yang ingin sejenak rehat dari kepenatan rutinitas. Sebanding kok dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan sejak pertama kali datang. Semua staff sangat ramah dan perhatian, apapun yang mereka bisa bantu pasti langsung di tawarkan. Sama sekali tidak menyesal dan ingin kembali kesini lagi lain kali, hopefully next time bisa mencoba menginap di private-villa nya bersama keluarga.

Published September 22, 2019

Related
Babymoon – Svarga Resort

February 16, 2020

Staycation – Gaia Cosmo

October 26, 2019

Highway to Himalayas

December 7, 2017

The Bucket List: Nepal

December 1, 2017

Something is wrong.
Instagram token error.
Load More
>